Menu berfungsi untuk mempermudah pengunjung mengunjungi halaman tertentu, misal blog, kontak, dan lain sebagainya. Apabila diletakkan pada halaman utama, jadinya akan seperti screenshot di bawah ini:

Untuk menambahkan menu, Anda perlu kembali ke halaman utama Dashboard WordPress (admin area). Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Menambahkan Menu Baru pada WordPress

1. Login ke dashboard WordPress Anda dengan mengakses halaman http://domainanda.com/wp-admin. (ganti domainanda.com dengan domain yang Anda miliki)

 

 

2. Pada halaman dashboard, pilih menu Pages pada sidebar.

 

 

3. Klik pada Add New untuk menambahkan menu baru.

 

 

4. Tulis judul (contoh: Blog), kemudian klik Publish untuk membuat halaman baru.

 

 

5. Selanjutnya, kembali ke halaman sebelumnya. Maka saat ini Anda akan mendapati adanya halaman Home (halaman utama) dan halaman Blog (untuk artikel Anda)

 

 

6. Kemudian, pilih menu Settings > Reading melalui sidebar dashboard WordPress Anda.

 

 

7. Pada bagian Your homepage displays, pilih A static page kemudian set Homepage dan Post page seperti di bawah ini:

 

 

8. Kemudian klik Save Changes

 

9. Setelahnya, pilih menu Appearance > Menus melalui sidebar

 

 

10. Setting awal (default) pada tema ini belum memiliki menu. Apabila Anda tidak membuat menu terlebih dahulu, maka seluruh halaman yang nantinya Anda buat akan otomatis muncul pada halaman utama website Anda.

Untuk itu, tuliskan nama menu (contoh: menu utama) dan klik Create Menu seperti pada screenshot di bawah

 

11. Setelah membuat menu, akan muncul tab Manage Locations. Klik tab tersebut untuk mengedit.

 

12. Pada tab tersebut, pastikan untuk mengecek kolom Primary Menu. Klik pada menu drop down dan pilih menu yang tadi Anda buat (Menu Utama). Lalu klik Save Changes.

 

13. Selanjutnya, kembali ke tab Edit Menus. Pilih menu yang tidak Anda inginkan, klik tanda panah kecil yang ada di menu tersebut, dan pilih RemoveContoh di sini adalah menu Home yang ada di bawah.

 

14. Anda juga dapat menambahkan menu dengan mengambil halaman yang sudah Anda buat di sisi kiri. Contohnya adalah Blog. Klik (centang) kolom Blog, kemudian klik Add to Menu.

 

15. Maka, halaman Blog tersebut akan muncul sebagai menu baru seperti pada screenshot di bawah ini. Klik Save menu untuk menyimpannya.

 

16. Untuk mengecek apakah sudah sesuai, kunjungi website Anda. Nantinya, akan tampak seperti screenshot di bawah ini: