Mengatur dan Mengelola Tema WordPress

  • 0

Mengatur dan Mengelola Tema WordPress

Category : Tutorial

Setelah berhasil menginstal tema ENIGMA, kini saatnya Anda untuk mengubah tampilan tema tersebut agar sesuai dan menjadi website bisnis Anda. Pada topik ini, terdapat beberapa bagian yang dapat Anda ikuti satu persatu.

Sebelum mulai mengedit, masuk ke dashboard WordPress Anda pada URL http://domainanda.com/wp-admin/ (pastikan untuk mengganti domainanda.com dengan domain yang Anda miliki) , kemudian pada bagian sidebar, klik Appearance > Customize

 

Setelah masuk ke halaman editing, Anda bisa mengedit melalui side bar yang berada di samping kiri halaman dan klik Theme Options seperti pada screenshot di bawah

 

Atau Anda juga dapat mengedit langsung dengan mengklik icon pensil pada tema di bagian kanan seperti screenshot di bawah ini.

 

Setelah selesai mengedit, klik Publish untuk menyimpan konfigurasi Anda.

 

 

Kini saatnya Anda mengedit satu demi satu bagian yang ada pada tema ENIGMA agar sesuai dengan website bisnis dan layanan yang Anda miliki.

Mengedit Judul dan Deskripsi Singkat (Slogan) Website

1. Klik icon pensil pada judul website, Anda akan dibawa ke bagian Customizing Site Identity. Pada bagian ini, Anda bisa mengganti dan menambah:

  • Logo: klik pada button Select Logo untuk menambahkan logo perusahaan Anda. Anda dapat mengabaikan logo karena saat ini Anda hanya perlu menggunakan judul dan slogan saja.
  • Site Title: hapus judul sebelumnya dan ganti dengan judul atau nama perusahaan (atau website) Anda
  • Tagline: ganti dengan deskripsi singkat atau slogan perusahaan (atau website) Anda

 

 

Mengedit Slider Tema pada WordPress

Ada 3 slider yang disediakan oleh tema ENIGMA. Pastikan untuk menyisakan 1 slider pada bagian ini agar website tampak lebih profesional dan menarik pengunjung.

1. Setelah mengganti judul, kembali ke halaman editing awal dan klik Theme Options.

 

 

2. Kali ini, Anda perlu mengedit slider yang ada pada tema ENIGMA. Klik opsi Theme Slider Options.

 

 

3. Untuk mengubah atau menghapus gambar default yang terdapat pada slider, klik pada Slider Image.

  • Remove apabila Anda ingin menghapus gambar tersebut. Nantinya, gambar juga dapat memilih Select Image apabila ingin menambahkannya kembali.
  • Change image apabila Anda ingin mengganti gambar sesuai dengan layanan yang perusahaan Anda tawarkan. (Anda dapat menambahkan atau mengubah gambar di kemudian hari jika belum memiliki gambar yang sesuai).

 

 

4. Setelah mengganti atau mengubah gambar default, kini saatnya Anda mengganti judul dan isi slider.

  • Slider Title: ganti dengan judul layanan yang Anda tawarkan
  • Slider Description: ganti isi atau teks yang terdapat di bawah judul slider dengan deskripsi layanan yang Anda tawarkan

 

5. Pada bagian Slider Button Text, isikan teks singkat untuk mengarahkan klien ke link yang berhubungan dengan layanan Anda. Misalnya, “selengkapnya” atau “klik di sini“. Kemudian, tambahkan link yang sesuai pada kolom Slider Button Link.

 

 

6. Ada 3 slider yang disediakan oleh tema ENIGMA ini. Untuk mengganti 2 slider lainnya, scroll ke bawah dan ulangi langkah-langkah di atas.

Mengedit Our Service (Layanan Kami) pada WordPress

1. Bagian kedua adalah Service Options atau bagian yang menunjukkan layanan yang Anda tawarkan kepada klien.

 

 

2.  Pada bagian ini, Anda dapat mengganti judul section, judul layanan, hingga link yang akan membawa klien ke layanan Anda tersebut. Anda juga dapat menonaktifkan fitur ini dengan mudah, yakni uncheck (mengosongkan kolom centang) pada Enable Service on Home.

  • Name Service Title: ganti Our Service dengan judul seperti Layanan Kami atau Produk Kami
  • Service Title: adalah judul produk atau layanan yang Anda tawarkan. contohnya: Google
  • Service Icon: adalah icon layanan atau produk Anda yang berada di sebelah judul produk. Arahkan kursor dan pilih dari icon yang telah disediakan.

 

 

  • Service Text: ganti text tersebut dengan deskripsi singkat layanan atau produk yang Anda tawarkan pada klien

 

 

3. Anda juga dapat menambahkan link yang akan mengarah ke deskripsi lengkap serta berbagai fitur yang ada pada layanan Anda dengan menghapus tagar (#) pada kolom Service Link, kemudian menambahkan URL yang sesuai.

 

 

4. Terdapat 3 layanan yang dicontohkan pada tema ENIGMA ini. Untuk mengedit layanan selanjutnya, ulangi langkah kedua dan ketiga.

 

Mengedit Social Options pada WordPress

Social atau media sosial yang mendukung promosi website dan layanan Anda terdapat di bagian paling atas tema. Pada bagian ini, terdapat pula email bisnis Anda dan nomor telpon bisnis Anda agar klien dapat dengan mudah menghubungi Anda.

1. Untuk menggantinya, klik Theme Options > Social Options

 

 

2. Pertama-tama, ganti Email ID dengan email bisnis Anda (contoh: emailanda@email.com) serta Phone Number dengan nomor telepon bisnis Anda agar klien lebih mudah menghubungi Anda kedepannya.

 

 

3. Kemudian saatnya Anda mengganti dan menghapus icon media sosial yang akan ditampilkan. Misalnya, Anda memiliki Facebook, Twitter, dan Instagram. Pada kolom yang sudah tersedia, hapus tagar (#) dan ganti dengan URL media sosial bisnis Anda.

NOTE: Anda dapat menghapus kolom WhatsApp karena kami akan memberikan panduan menggunakan widget WhatsApp pada panduan selanjutnya.

 

 

Mengedit Footer Call-Out Options pada WordPress

Footer Call-Out juga dapat Anda gunakan apabila Anda ingin mempromosikan akun media sosial Anda, contohnya: Facebook.

1. Untuk mengeditnya, klik pada Theme Options > Footer Call-Out Options seperti pada screenshot di bawah:

 

 

2. Pada bagian ini, Anda dapat mengganti semua kolom sesuai dengan media sosial untuk mempromosikan website Anda.

  • Footer Callout Title: ganti dengan media sosial yang ingin Anda promosikan, contohnya: Temukan kami di Facebook
  • Footer Callout Button Text: ganti More Feature dengan teks lain sesuai kebutuhan Anda
  • Footer Callout Button Link: hapus tagar (#) dan ganti dengan URL yang sesuai (contoh: URL Facebook bisnis Anda)
  • Footer Callout Icon: ganti icon sesuai dengan layanan yang Anda miliki

 

 

Menghapus Footer pada WordPress

Agar website Anda tampak lebih profesional, Anda dapat mengubah footer bawaan dari tema ENIGMA. Bahkan apabila Anda tidak ingin menggunakan footer ini, Anda dapat menghapusnya.

1. Pada Theme Options, klik Footer Options untuk mengubah atau menghapus footer default yang merupakan bawaan dari tema ENIGMA.

 

 

2. Hapus semua yang terdapat pada sidebar di samping.

 

 

3. Jika Anda ingin mengedit footer, tuliskan footer yang Anda inginkan pada kolom yang tersedia.

  • Footer Customization Text misalnya Copyright
  • Developed By Text contohnya by
  • Developed By Link Text adalah teks yang menunjukkan website Anda (contoh: AB Tour & Travel)
  • Developed By Link diisi dengan URL website Anda

 

 

4. Atau, jika Anda ingin menghapus footer, maka nantinya footer otomatis akan hilang (kosong) seperti screenshot di bawah ini.

 

 

5. Setelah semua konfigurasi selesai, Anda perlu mengklik Publish untuk menyimpan semua yang Anda ubah tadi. Kemudian Anda bisa mengecek konfigurasi dengan mengakses website Anda secara langsung.

 


Leave a Reply