Membuat Artikel Baru

  • 0

Membuat Artikel Baru

Category : Tutorial

Setelah selesai mengelola tema dan membuat menu baru, kini saatnya Anda menambahkan artikel baru. Menambahkan artikel baru pada website Anda sangat mudah. Terlebih lagi, tema WordPress ENIGMA menyediakan section tersendiri bagi pengunjung website untuk langsung melihat artikel terbaru pada halaman utama.

1. Login ke dashboard WordPress Anda dengan mengakses halaman http://domainanda.com/wp-admin. (ganti domainanda.com dengan domain yang Anda miliki)

 

2. Setelah login ke dashboard WordPress Anda, klik menu Posts > Add New melalui sidebar

 

3. Pada halaman ini, isikan judul artikel Anda dan isi artikel pada kolom yang tersedia. Kemudian pada sisi kanan, Anda dapat memilih 3 opsi:

  • Save Draft: untuk menyimpan draft artikel yang belum ingin di publish
  • Preview: untuk mengecek seperti apa tampilan artikel pada website
  • Publish: jika Anda sudah siap untuk menampilkan artikel, klik opsi ini

 

4. Anda juga dapat menambahkan Featured Image atau gambar utama untuk artikel Anda dengan scroll halaman tersebut sedikit ke bawah. Kemudian klik Set featured image

 

5. Pilih gambar yang ingin Anda tambahkan, kemudian klik Set featured image

 

6. Kemudian klik Publish untuk posting artikel Anda pada website.

 

7. Saat mengakses website, tema ENIGMA akan memunculkan artikel Anda pada bagian ARTIKEL TERBARU di halaman utama. Seperti pada screenshot di bawah ini:

 

8. Saat di klik Read More, Anda akan di bawa ke halaman Blog untuk membaca seluruh artikel yang telah ditampilkan

 

9. Apabila ingin melihat seluruh artikel yang telah ditambahkan ke WordPress, klik pada menu Blog di halaman utama website Anda. Otomatis Anda akan dibawa ke halaman yang berisi seluruh artikel yang telah diposting.

Ini adalah tutorial akhir pada course Membuat Website. Setelah mengikuti panduan-panduan di atas, kini Anda telah berhasil memiliki website yang tampak profesional serta menarik bagi pengunjung web!

Pada course selanjutnya, kami akan membahas lebih jauh mengenai optimasi yang diperlukan sebagai penunjang bisnis Anda, seperti panduan SEO, optimasi kecepatan website, dan lain sebagainya.


Leave a Reply